One voice, unify power, unify actions for workers rights

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan mengadakan Kongress ke-3 di Puncak, Jawa Barat pada tanggal 30 Januari – 1 Februari 2012. Tiga Presiden Konfederasi yang bersama-sama dengan KSPI yang tergabung dalam Sekretariat Bersama Pakta Lapangan Kerja Indonesia (Sekber PLKI) mengirimkan pesan solidaritas dan mendukung kesuksesan pelaksanaan Kongres ke-3 tersebut.

Dalam surat tersebut ditekankan bahwa, melindungi dan membela hak pekerja/buruh adalah menjadi komitmen utama gerakan serikat pekerja/serikat buruh dimanapun, dan tidak kecuali serikat pekerja/serikat buruh di Indonesia. Melalui Sekretariat Bersama Pakta Lapangan Kerja Indonesia (Sekber PLKI) yang dibentuk oleh empat Konfederasi bertujuan untuk konsolidasi dan sinkronisasi kebijakan dan aksi bersama yang terkait dengan perlindungan hak dan kepentingan pekerja/buruh di Indonesia. Karena sebagai kekuatan kolektif nasional, Sekretariat Bersama ke-empat Konfederasi ini akan mendorong  kebijakan dan program aksi yang diarahkan pada pengorganisasian dan membangun gerakan buruh yang kuat dan bersatu. Sehingga, kekuatan ini akan membantu kita dalam memberikan pengaruh dan desakan kuat pada kebijakan ekonomi makro yang akan diambil oleh pemerintah dan melindungi pekerja/buruh dari ekploitasi yang dilakukan oleh pengusaha. 

Tentunya, Kongres ke-3 KSPI ini akan membawa pesan penting bagi gerakan buruh di Indonesia dalam mengkokohkan organisasi pekerja/buruh yang bebas, demokrasi dan mandiri, sehingga menjadikan organisasi ini mampu dalam mengambil peran yang luas untuk melindungi kepentingan pekerja/buruh.  Karena, tantangan serikat pekerja/serikat buruh dalam liberalisasi pasar global semakin komplek dan banyak merugikan kepentingan pekerja/buruh. Oleh karenanya, kita berharap dalam Kongres KSPI ini dapat mengambil kebijakan dan program aksi yang strategis guna memaksimalkan kepentingan pekerja/buruh. Dan tentunya usaha ini hanya bisa dicapai bilamana Kongres yang dijalankan berpedoman pada prinsip solidaritas dan tujuan jangka panjang gerakan buruh yang bersatu dan kuat.

Selamat berkongres dan salam solidaritas

Baca selengkapnya surat ini, klik disini atau kontak Sdri. Indah Budiarti, Sekretaris Sekber PLKI di: sekberijp@gmail.com

Read solidarity message in English, click here

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: