One voice, unify power, unify actions for workers rights

Di dalam  inisiatif ACTRAV bersama dengan NORMS dan ROAP, ILO meluncurkan kampanye ratifikasi dan implementasi Konvensi Inti, khususnya C87 dan C98  di wilayah Asia dan Pasifik. Sejak inisiatif ACTRAV dimulai ketika konferensi ILO/ITUC-AP/MTUC Asia Pacific tentang C87 dan C98 diselenggarakan pada bulan Mei 2009 di Malaysia, serikat pekerja/serikat buruh di wilayah ini didorong oleh ILO untuk ambil bagian secara aktif di dalam kampanye tersebut. ITUC-AP dan GUFs juga bergabung di dalam Kampanye ini.

Organisasi-organisasi serikat pekerja di Indonesia, dipimpin oleh dua KSPSI, KSPI dan KSBSI, di berbagai pertemuan regional dan nasional, menyambut kampanye ini dan menunjukkan kelemahan-kelemahan di dalam pelaksanaan C87 dan C98 yang keduanya telah diratifikasi Indonesia. Kurangnya tindak lanjut yang memadai atas rekomendasi-rekomendasi Komite Kebebasan Berserikat ILO dan juga perangkat legal internasional lainnya merupakan salah satu dari kelemahan tersebut dan peningkatan aksi pemberangusan serikat pekerja/serikat buruh di tingkat provinsi dan kabupaten akibat dari desentralisasi adalah kelemahan lainnya. 

Keempat Konfederasi di atas, melalui kegiatan bersama Pakta Lapangan Kerja Indonesia, secara khusus meminta ILO untuk memberikan kegiatan capacity building tambahan agar serikat pekerja/serikat buruh mampu mengembangkan strategi untuk memperbaiki pelaksanaan Konvensi No. 87 dan 98 di negara ini. Sementara itu, keempat Konfederasi di atas pada bulan Desember 2011 telah berhasil mendirikan sekretariat bersama (SEKBER PLKI) untuk mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka yang berkaitan dengan ILO dan Pakta Lapangan Kerja Indonesia.

Setelah mempertimbangkan permintaan positif ini, ILO ACTRAV memutuskan menyelenggarakan lokakarya gabungan serikat pekerja/serikat buruh bersama dengan SEKBER PLKI yang baru terbentuk untuk mengembangkan strategi-strategi mereka terkait Kebebasan Berserikat dan Hak Berunding Bersama di Indonesia. Para pemimpin serikat pekerja/serikat buruh di tingkat pusat dan provinsi akan diundang ke kegiatan ini.

Lokakarya Bersama ini diselenggarakan pada tanggal 15 dan 16 Februari di Hotel Puncak Raya. 28 orang peserta dari empat Konfederasi telah terdaftar dan akan mengikuti kegiatan ini.

Unduh Program Lokakarya, klik disini

 

Comments on: "Lokakarya Bersama “Kebebasan Berserikat dan Hak berunding Bersama”" (1)

  1. Maju terus SekBer PLKI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: