One voice, unify power, unify actions for workers rights

Setelah acara Konferensi Pers, K2N KSBSI mengadakan pemutaran film dokumenter tentang PRT

Dalam siaran pers yang diadakan dikantor KSBSI kemarin (Kamis/1 Maret 2012), Komite Kesetaraan Nasional (K2N) Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia mendesak pemerintah untuk segera mengesahkan UU PRT dan segera meratifikasi Konvensi ILO No. 189 tentang Kerja layak Bagi Pembantu Rumah Tangga (PRT).

Pada kesempatan  tersebut saudari Yatini Sulistyowati, ketua K2N menjelaskan bahwa “hak-hak buruh perempuan  khususnya pekerja rumah tangga belum terlindungi. Kesetaraan hak mendapatkan upah layak, perlindungan sosial, hak cuti dan melahirkan sangat dibutuhkan pekerja rumah tangga (PRT)”, oleh karena selain mendesak pemerintah untuk segera mengesahkan UU PRT dan ratifikasi Konvensi Ilo No. 189, KSBSI juga meminta pemerintah untuk melakukan Amandemen UU No. 39 tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar negeri, dan pengawasan ketenagakerjaan hendaknya melalui sistem tripartit.

Lebih lanjut Saudara Mudhofir, Presiden KSBSI, menyampaikan bahwa perjuangan serikat buruh tidak hanya berfokus pada buruh-buruh disektor industri saja, oleh karenanya melalui Komite Kesetaraan, KSBSI mengakui dan menjalankan kebijakan kesetaraan bagi semua buruh, khususnya perlindungan bagi buruh perempuan, dan tak kecuali perjuangan bagi PRT dalam mendapatkan pengakuan dan hak-hak normatif layaknya buruh disektor industri.

Siaran pers tersebut dilaksanakan sebagai persiapan perayaan Hari Internasional Perempuan (International Women’s Day) pada tanggal 8 Maret ini. KSBSI memaknai Hari Perempuan Internasional tidak hanya sebagai perayaan saja, tetapi sebagai bagian dari perjuangan perempuan, khususnya buruh perempuan, untuk menuntut hak-haknya yang sampai saat ini belum selesai. Tema “ Pekerjaan yang layak untuk Pekerja Rumah Tangga”, diusung untuk mensosialisasikan kepada masyarakat luas bahwa perjuangan perempuan untuk mendapatkan hak yang setara dengan laki-laki melalui jalan berliku, dan tidak ada satu hal yang didapat tanpa melalui perjuangan. Dan yang terpenting adalah menggugah majikan pengguna jasa PRT untuk memperlakukan mereka dengan  baik dan menghormati hak-hak PRT sebagai manusia yang harus dimanusiakan.

Pada kesempatan perayaan Hari Internasional Perempuan tahun, K2N KSBSI juga menyelenggarakan acara Bazar Sembako Murah dan diikuti pemutaran film dokumenter tentang PRT.

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi Saudari Yatini Sulistyowati, Ketua K2N KSBSI: tini_k2nksbsi@yahoo.co.id

Link news:

KSBSI Minta Nasib PRT Diperhatikan (Kompas)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: