One voice, unify power, unify actions for workers rights

Senin, 28 Mei 2012, menjadi hari bersejarah bagi serikat buruh dimanapun dan ILO sendiri dengan terpilihnya Guy Ryder sebagai Direktur Jenderal ILO yang ke-10. Guy Ryder menggantikan Juan Somavia yang telah menjabat selama hampir 13 tahun. Juan Somavia mengatakan pengunduran dirinya pada tanggal 20 September tahun ini dan Guy Ryder akan menjalankan jabatannya mulai Oktober. mengapa menjadi sejarah ILO? Karena Guy Ryder menjadi orang pertama dari serikat buruh yang menjadi Diretur Jenderal ILO. Karena selama ini jabatan ini selalu “dipangku” oleh wakil dari pemerintah atau pilihan pemerintah.

Guy Ryder adalah mantan sekretaris jenderal ITUC (International Trade Union Confederation) tahun 2006-2010, dan mantan sekretaris jenderal ICFTU (International Confederation of Free Trade Unions) tahun 2002-2006. Sebelum memulai karier internasionalnya dalam serikat buruh global, Guy Ryder bekerja di departemen luar negeri serikat buruh nasional Inggeris (TUC). 

Setelah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai sekretaris jenderal ITUC, Guy Ryder menjadi orang nomor dua di kantor ILO, oleh karena kemenangan ini sudah diprediksi luas. Selain itu dukungan yang luas dan kuat dari ITUC atas pencalonan dirinya telah mengalahkan delapan kandidat lainnya termasuk salah satunya adalah mantan menteri Perancis Gilles de Robien dan Wakil Presiden Kolombia Angelino Garzon. Angelino Garzon mendapatkan dukungan dari kelompok Amerika Latin. Karibia dan Spanyol, tetapi serikat buruh di Kolombia sendiri menolak keras (baca laporannya disini)pencalonannya karena catatan merah pelanggaran hak pekerja/buruh. K0lombia dicatat sebagai tempat yang paling berbahaya bagi para pemimpin dan aktifis buruh, banyak dari dibunuh oleh karena kegiatan mereka menyuarakan hak buruh dan serikat buruh (baca laporan ITUC disini).

Sebelum di ICFTU/ITUC, Guy Ryder bergabung di ILO pada tahun 1998 sebagai direktur untuk Biro Pekerja (ILO ACTRAV). Oleh karena kemenangan ini menandai kemenangan serikat buruh dan group pekerja/buruh dalam badan PBB bagi Organisasi Perburuhan Internasional dimana anggotanya adalah tripartit: pekerja, pengusaha dan pemerintah.

Dalam pidatonya setelah pemungutan suara, Guy Ryder mengatakan sangat berterima kasih telah dipilih dan memberi penghormatan kepada Somavia, menggambarkannya sebagai raksasa dalam sejarah ILO.

Berdasarkan aturan ILO direktur jenderal dipilih oleh pemungutan suara secara rahasia dari 56 anggota badan pengatur – 28 pemerintah, 14 pengusaha dan 14 pekerja. Dalam pemilihan enam putaran ini Guy Ryder mendapatkan 30 suara dari 56 suara pemilih.

Menyinggung latar belakang serikat pekerjanya, ia berjanji untuk mempromosikan pandangan dari semua pihak di ILO, sementara juga mengejar tujuan badan keadilan sosial pada saat dunia kerja tetap dalam krisis. “Tugas kami untuk yang termiskin dan paling rentan mnejadi yang terpenting dalam perjalanan ke depan,” kata Ryder.

Baca berita terkait: Guy Ryder elected as ILO Director-General (bahasa Inggeris)

Comments on: "Kemenangan serikat buruh: Guy Ryder terpilih menjadi Direktur Jenderal ILO" (1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: