One voice, unify power, unify actions for workers rights

Sekber PLKI

Pelaksanaan yang sukses Indonesia Jobs Pact atau Pakta Lapangan Kerja Indonesia (PLKI) membutuhkan komitmen penuh dari tiga penandatangan – pemerintah dan pengusaha serta perwakilan pekerja/buruh. Oleh karenanya, penting untuk mendorong Konfederasi-Konfederasi Serikat Pekerja/Serikat Buruh lebih terlibat di dalam prosesnya dan bertanggung jawab terhadap bagiannya dalam mencapai tujuan-tujuan PLKI. Melalui komunikasi yang lebih baik, Konfederasi-Konfederasi Serikat Pekerja/Serikat Buruh dapat mengkoordinasikan tanggapan bersama dan membuat anggota tetap mendapatkan informasi kemajuan dari pencapaian tujuan-tujuan tersebut.

Empat Konfederasi Serikat Pekerja/Serikat Buruh Indonesia menghadapi sejumlah tantangan di dalam tata kelola kelembagaan, kondisi geografis, fragmentasi dan kompleksitas. Komunikasi yang lebih baik di antara Serikat Pekerja/Serikat Buruh di tingkat nasional, cabang dan perusahaan akan berguna untuk mengatasi persoalan-persoalan ini. Oleh karenanya, Sekretariat Bersama menjadi jalan keluar terbaik untuk komunikasi di antara keempat Konfederasi guna mengembangkan agenda bersama demi pelaksanaan PLKI. Memiliki kelompok kerja yang baik secara internal sangatlah penting bagi keempat Konfederasi dengan memanfaatkan peluang kegiatan bersama. Menghadapi tantangan ekonomi global, seperti fleksibilitas pasar kerja, maraknya tenaga kerja paruh waktu, kecenderungan menggunakan tenaga kerja perempuan, peningkatan bentuk-bentuk pekerjaan non-standar, pemborongan pekerjaan dan kerja kontrak yang tidak sesuai dengan aturan dan penempatan pekerja/buruh pada tempat kerja yang berbahaya tanpa perlindungan yang layak, semakin mendorong kami, empat Konfederasi, untuk membangun Sekretariat Bersama.

Melalui Sekretariat Bersama ini, kami, empat Konfederasi, mengembangkan kebijakan dan program aksi bersama khususnya untuk pelaksanaan PLKI dengan mempromosikan satu suara pekerja/buruh dalam mempengaruhi kebijakan yang merugikan pekerja/buruh.

Sekretariat Bersama ini adalah komitmen bersama keempat Konfederasi untuk bekerja bersama-sama dalam melaksanakan PLKI dengan tetap mempertahankan kemandirian masing-masing Konfederasi.

Alamat Kantor Sekretariat Bersama Pakta Lapangan Kerja Indonesia (Sekber PLKI):
Gedung Kesatuan Pelaut Indonesia (KPI) Lantai 3, Jl. Cikini Raya No 58 AA/BB Jakarta Pusat 10330
Telp: +62 (0) 21 31931032 E-mail:sekberijp@gmail.com

Lampiran

1. Aturan dan Prosedur

2. Rules and Procedure

Comments on: "Sekber PLKI" (1)

  1. Selamat pagi buat semua rekan-rekan para deklarator Sekretariat Bersama Indonesia Jobs Pact (Pakta Lapangan Kerja Indonesia (PLKI)) di seluruh Nusantara, berbahagia sekali kita dapat bersatu dan berkumpul dalam satu wadah perjuangan untuk kesejahteraan para Pekerja/para Buruh dan berbagai permasalahannya. Semoga ini akan menjadi Kapal perjuangan kita seterusnya yang terbebas dari kontaminasi politik dan segala bentuk tendensi yang di luar konteks ketenagakerjaan. Salaaaaaaaaaaaaaaaam Perjuangan…!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: